Pada hari Sabtuu, 24 Agustus 2024, siswa-siswa kelas 2 MI Darussalamah Gunungronggo melakukan kegiatan pembelajaran yang sangat kreatif dan mendidik dalam rangka Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5RA). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai materi denah ruang melalui pembuatan maket gedung sekolah.
Tujuan Kegiatan
Kegiatan pembuatan maket ini bertujuan untuk:
Memahami Konsep Denah Ruang: Siswa belajar tentang denah ruang dan bagaimana menyusun ruangan dalam suatu bangunan.
Mengembangkan Kreativitas: Melalui pembuatan maket, siswa dapat mengekspresikan kreativitas mereka dan belajar secara praktis.
Meningkatkan Kerjasama: Siswa bekerja dalam kelompok, yang membantu mereka belajar bagaimana bekerja sama dan membagi tugas.
Proses Kegiatan
Kegiatan dimulai dengan pengantar materi mengenai denah ruang oleh guru. Siswa diperkenalkan dengan konsep dasar denah ruang, termasuk bagaimana merencanakan dan menggambar denah ruangan. Guru juga menjelaskan tujuan dari pembuatan maket dan bagaimana maket tersebut dapat membantu mereka memahami susunan ruang di gedung sekolah mereka.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat maket dari bagian tertentu gedung sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, kantor guru, dan area lainnya. Setiap kelompok memulai dengan merencanakan denah ruang yang akan mereka buat dan mengatur bahan-bahan yang diperlukan.
Siswa mulai membuat maket dengan menggunakan berbagai bahan seperti karton, kertas warna, lem, dan gunting. Mereka menggambar dan memotong bagian-bagian gedung, kemudian menyusunnya untuk membentuk maket gedung sekolah mereka. Selama proses ini, siswa tidak hanya belajar tentang bentuk dan ukuran ruang tetapi juga bagaimana mengatur tata letak ruangan dengan efisien.
Setelah maket selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil karya mereka kepada kelas. Mereka menjelaskan bagaimana mereka merancang maket mereka, bagian-bagian yang mereka pilih untuk dimasukkan, dan bagaimana maket tersebut merepresentasikan denah ruang gedung sekolah. Sesi tanya jawab diadakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya dan berdiskusi tentang maket yang telah dibuat.
Kegiatan ditutup dengan evaluasi oleh guru, di mana siswa diberikan umpan balik tentang hasil maket mereka. Guru juga memberikan penilaian mengenai pemahaman siswa terhadap materi denah ruang dan kerjasama kelompok. Siswa diminta untuk merefleksikan pengalaman mereka selama kegiatan dan bagaimana mereka bisa meningkatkan keterampilan mereka di masa depan.
Kegiatan pembuatan maket ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang denah ruang, tetapi juga meningkatkan keterampilan praktis dan kreatif siswa. Melalui kegiatan ini, siswa belajar pentingnya perencanaan, ketelitian, dan kerja sama dalam menyelesaikan proyek. Sehingga secara tidak langsung para siswa juga menerapkan pengamalan sila ke 3 dengan belajar untuk menghargai pendapat dan ide teman sekelompok mereka. Mereka harus memahami dan mengakomodasi berbagai perspektif untuk mencapai hasil yang diinginkan, yang mencerminkan nilai-nilai toleransi dan persatuan.
MI Darussalamah Gunungronggo mengapresiasi antusiasme dan usaha keras siswa dalam kegiatan ini. Hasil maket yang dibuat oleh siswa menunjukkan kreativitas dan pemahaman mereka yang baik tentang materi denah ruang. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk terus belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.